Pemantapan Pengembangan Kurikulum STIKIP Catur Sakti Yogyakarta

Pemantapan Pengembangan Kurikulum STIKIP Catur Sakti Yogyakarta

STIKIP Catur Sakti Yogyakarta -- Pemantapan Pengembangan Kurikulum STIKIP Catur Sakti Yogyakarta merupakan bagian dari kegiatan revisi lima tahunan kurikulum dalam forum rapat internal dan eksternal dosen Prodi Pendidikan Luar Sekolah, yang melibatkan unsur pimpinan di tingkat Sekolah Tinggi dan Pogram Studi PLS, serta pemangku kepentingan.
Program studi PLS secara berkala melakukan pembaharuan kurikulumnya supaya lulusan yang dihasilkan senantiasa dapat memecahkan berbagai persoalan di lapangan.

Kurikulum sebagai alat utama dalam pelaksanaan sebuah program studi menyajikan konsep, perangkat, serta strategi yang ideal yang senantiasa memerlukan perubahan, pemutakhiran, dan penyempurnaan. Sumber atau pendorong diperlukannya perubahan ini berasal dari tuntutan dunia kerja sebagai pengguna lulusan; perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; dan juga pada sisi lingkungan kebijakan.
Sejalan dengan sumber perubahan kurikulum yang sangat esensial tersebut, Jurusan PLS dalam melakukan rekonstruksi kurikulum program S1-nya

Tahun 2021 ini STIKIP Catur Sakti Yogyakarta melakukan pemutakhiran dan restrukturisasi kurikulum yang hasilnya dapat memberikan kontribusi terhadap kebutuhan stakeholders terhadap lulusan Prodi Pendidikan Luar Sekolah (PLS).


Dalam Penjelasannya lebih lanjut, Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) dan juga ketua Pegembangan Kurikulum STIKIP Catur Sakti Yogyakarta, Didik Kurniawan, M. Pd, menjelaskan bahwa kurikulum yang disusun ini dapat dijadikan landasan dan pedoman bagi peningkatan mutu lembaga, mutu mahasiswa dan mutu dosen, sehingga harapan yang ingin dicapai menuju STIKIP Catur Sakti Yogyakarta  yang menjunjung attitude, culture dan education  guna dalam menunjang pencapaian standar kompetensi lulusan, standar isi dan standar proses pendidikan yang dilaksanakan di STIKIP Catur Sakti Yogyakrta.

Kurikulum di Program Studi PLS STIKIP Catur Sakti Yogyakarta dikembangkan dan dilaksanakan berbasis kompetensi dengan orientasi pada penguasaan ilmu dan teknologi (competence), pengembangan kepribadian yang memiliki suara hati (conscience), dan hasrat bela rasa (compassion) serta wawasan kebangsaan dan mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum di Program Studi PLS STIKIP Catur Sakti Yogyakarta diarahkan untuk mengembangkan mahasiswa agar memiliki integritas moral, kemampuan berpikir kritis, sikap kepedulian sosial terutama bagi mereka yang memerlukan perhatian khusus, serta wawasan kebangsaan dalam rangka pengembangan nilai-nilai kemanusiaan yang luas. Oleh karena itu, kegiatan yang diselenggarakan di Pragram Studi PLS STIKIP Catur Sakti Yogyakarta dirancang agar saling mendukung dan saling melengkapi demi pengembangan mahasiwa secara utuh. Dengan memperhatikan kebutuhan, tantangan dan kebijakan serta sumber daya di Program Studi PLS Catur Sakti Yogyakarta, maka perlu dirumuskan Kurikulum 2020. Pengembangan kurikulum tahun 2019 mengakomodasi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan Internet of Thing (IOT), Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Creativity (4C), Problem Solving, Big Data Analysis, Digitalization serta pembelajaran dalam jaringan (daring). Selain itu, Revolusi Industri 4.0 juga ditandai dengan produk-produk inovatif, seperti artificial intelligence, robotics, autonomous transportation, 3-D printing, nanotechnology, biotechnology, new materials science, energy storage, and quantum computing. Kurikulum dan pembelajaran perlu mengakomodasi blended learning, sertifikasi kompetensi, Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan Outcome-Based Education (OBE). Bersamaan dengan hal tersebut perkembangan kurikulum tahun 2019 juga menyesuaikan era Society 5.0 yang ditandai dengan adanya tuntutan kompetensi lulusan yang memiliki kemampuan leadership, language skills, IT literacy, dan writing skills.

Kurikulum yang direstrukturisasi pada tahun 2021 ini telah melalui serangkaian proses yang dimulai dengan workshop, review visi dan misi, workshop review kurikulum, dan terakhir pada persetujuan kurikulum.

Galeri Proses Penetapan dan Persetujuan Kurikulum 2021 STIKIP Catur Sakti Yogyakarta